Tepis Isu Pembunuhan 4 Tokoh Nasional Rekayasa, Kapolri: Nanti Akan Diuji di Peradilan

JAKARTA – Kapolri Jenderal Tito Karnavian menepis isu yang menyatakan bahwa rencana pembunuhan terhadap empat tokoh nasional merupakan rekayasa.

Tito menegaskan, pihak akan bisa melihat bagaimana persidangan keenam pelaku. Dia memastikan bahwa persidangan tersebut akan terbuka.

“Saya ingin klarifikasi karena adanya mulai ada isu-isu yang menyatakan bahwa penangkapan-penangkapan yang kita lakukan berkaitan dengan senjata, kemudian keterangan pers dari Kadiv Humas (Polri) dan Kapuspen TNI, adanya rencana pembunuhan itu rekayasa,” kata Tito di Kemenko Polhukam, Jakarta, Selasa (28/5/2019).

Tito memastikan bahwa setiap tindakan penyidik bisa diuji di persidangan. Para penyidik juga akan profesional dalam menangani setiap perkara.

“Ada pembagian tugas antara penyidik, penuntut, dan peradilan. Semua tindakan-tindakan yang dilakukan oleh penyidik nanti akan diuji oleh peradilan. Terbuka,” sambungnya.

“Dan rekan-rekan tahu bahwa peradilan Indonesia ini salah satu peradilan paling terbuka di dunia. Rekan-rekan media bisa duduk di ruang sidang, mengcover live semua. Dan kita akan buktikan di persidangan bahwa Polri tidak terlibat di situ,” tegasnya.

Ia memastikan bahwa para pelaku yang akan beraksi untuk membunuh keempat tokoh nasional dan kepala lembaga survei itu telah ditangkap.

Saat ini, lanjut dia, Polri masih mengembangkan kasus tersebut dan telah mengantongi identitas siapa aktor intelektualnya.

“Ini pelaku-pelaku yang disuruh melakukan eksekusi itu tertangkap semua. Senjatanya sudah kita tahan, senjatanya kita dapat 4 senjata. Kemudian kita masih mengembangkan orang yang menyuruh. Mungkin tidak lama lagi juga kita akan proses hukum,” ungkapnya.

Sumber : LineToday / okezone.com
Re-RED : Nickodesire/sigitvnews.net
Publisher : Ariyandy / sigitvnews.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *