Viral, “Driver” Grab Bagikan Makanan-Minuman Gratis untuk Buka Puasa

Bersumber dari Kompas.com , nampak seorang pengendara ojek online Grab, Sunandi (39) membagikan beberapa makanan dan minuman secara gratis untuk masyarakat yang tinggal di sekitar Jalan Tebet Barat 8, Tebet, Jakarta Selatan.

Kabar ini banyak beredar di media sosial Facebook pada Sabtu (25/5/2019). Sunandi mengaku dirinya telah melakukan kegiatan ini sejak seminggu yang lalu.

“Saya awalnya bagi-bagi makanan sejak 20 Mei. Rencananya untuk para driver ojek online sekadar berbagi kopi dan minuman lain,” ujar Sunandi saat dihubungi Kompas.com pada Senin (27/5/2019).

Sunandi mengaku, awalnya ia membuka lapak yang disediakannya di depan kios servis komputer milik temannya.

Kemudian, ia mengunggah foto lapak pembagian makanan dan minuman gratis ini ke akun media sosial Facebook miliknya pada Senin (20/5/2019).

Dalam foto hari pertama membuka lapaknya, Sunandi memasang spanduk bertuliskan: “Ngopi Gratis!! Untuk Ojek Online. Segala macam kopi, teh, air mineral.”

Berkat unggahan ini, banyak sejumlah warganet yang mendukung aksi pembagian makanan dan minuman gratis yang dilakukan Sunandi.

“Saya juga enggak nyangka responsnya. Awalnya upload foto hanya untuk bercanda sama teman-teman Facebook saya. Tapi ternyata respons dari teman-teman saya yang ingin ikut menyumbang lumayan banyak,” ujar Sunandi yang telah menjadi mitra ojek online selama 1,5 tahun ini.

Akibat banyaknya masyarakat yang memberikan komentar positif, Sunandi menjadi rutin mengunggah lapaknya untuk mempromosikan ada makanan dan minuman gratis untuk siapa saja.

Hal ini tentu membuat unggahan Sunandi menjadi ramai diperbincangkan di media sosial. Hingga saat ini, untuk post terbaru yang menampilkan lapak telah disukai sebanyak 2.912 kali dan telah dibagikan banyak lebih dari 1.600 kali oleh pengguna Facebook lainnya.

Selain itu, Sunandi mengungkapkan bahwa dirinya menjaga lapak sendirian. Ia juga yang membelikan makanan dan minuman tersebut di warung-warung terdekat.

“Saya cuma belanja doang. Kebetulan di situ ada pedagang-pedagang lain juga yang ikut membantu bagikan. Ada juga Pak RT yang ikut mengundang orang-orang yang lewat untuk mampir,” ujar Sunandi.

Tidak mengojek

Sunandi mengaku mulai menyediakan dan menunggu lapak itu sekitar pukul 16.00-20.00 WIB pada tanggal 20-26 Mei 2019.

Dalam tujuh hari itu, Sunandi tidak mengojek. Ia memilih untuk membelikan sejumlah makanan dan minuman yang nantinya disediakan di lapaknya.

“Pas acara kemarin, saya enggak ngojek. Saya nyiapin barang-barangnya karena kan harus belanja dulu. Karena itu tempat teman saya, dia yang meyediakan tempatnya untuk kegiatan tersebut,” ujar Sunandi.

Tak hanya itu, Sunandi juga meminta pedagang yang di dekat lapaknya untuk menyiapkan dagangannya. Ia membelikan sejumlah gorengan, susu, dan bihun telur kepada warga setempat.

“Sekalian bagi-bagi rezeki untuk mereka (pedagang). Biar mereka juga kebagian rezeki,” ujar Sunandi.

Sementara, Ia mengaku selama menggelar acara bagi-bagi makanan dan minuman, Sunandi telah membelanjakan sekitar Rp 5 juta.

Agenda besok

Dalam kesempatan ini, Sunandi berharap agar kegiatan bagi-bagi makanan ini bisa menjadi inspirasi orang untuk sama-sama menyebarkan kebaikan, teruama ada orang yang melakukan kegiatan serupa.

Meski acara bagi-bagi telah selesai pada Minggu (26/5/2019), namun Sunandi akan memberikan donasi untuk keesokan harinya.

“Untuk besok rencananya sisa dana yang ada mau saya bagikan dalam bentuk paket-paket kecil, isi minuman, kopi, dan makanan kecil lainnya. Enggak banyak, mungkin sekitar 50 paket saja,” ujar Sunandi.

Akan tetapi, kali ini ia berencana untuk membagikan ke orang-orang di sekitar Kecamatan Tebet, seperti petugas kebersihan, pendorong gerobak, dan lainnya.

Sumber : Kompas.com / LineToday
Re-RED : Nickodesire/sigitvnews.net
Publisher : Ariyandy / sigitvnews.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *