Anda Sedang Flu, Dan Rasakan Seluruh Badan Tidak Enak , Ini Penyebabnya

Saat menderita influenza atau flu, badan akan terasa enggak enak. Dimulai dengan terasa demam, meriang, hidung tersumbat, batuk, dan badan terasa sakit, serta pegal.

Perlu diketahui sebelumnya, flu bukanlah pilek, karena biasanya pilek tidak disertai dengan demam.

Flu disebabkan oleh virus influenza yang menyebabkan infeksi di saluran pernapasan, atau hidung, tenggorokan, atau paru-paru. Virus ini bisa masuk melalui pernapasan, ditularkan dari orang lain, atau melalui lendir yang masuk ke mulut, hidung, atau mata.

Setelah masuk ke dalam tubuh, virus influenza masuk ke saluran pernapasan dan kemudian terikat dengan sel epitel yang melapisi saluran paru-paru melalui molekul spesifik pada permukaan sel.

Virus kemudian mengganggu proses penciptaan protein pada sel dan memanfaatkan proses tersebut untuk memperbanyak virus flu di dalam tubuh. Setelah partikel virus menjadi dewasa, maka virus dilepaskan dari sel dan kemudian menyerang sel di dekatnya.

Lalu, mengapa flu bisa menyebabkan sakit kepala? Berikut jawaban yang dipaparkan oleh Laura Haynes, dosen imunologi di University of Connecticut, yang ia tulis di The Conversation.

Untuk melawan infeksi karena influenza, sitokin dan kemokin yang diproduksi oleh sel imun di paru masuk ke aliran darah. Interleukin-1, salah satu jenis sitokin yang dapat menyebabkan peradangan, akan diaktifkan. Interleukin-1 penting untuk pembentukan sel T yang melawan virus. Hanya saja, Interleukin-1 ini juga dapat memengaruhi hipotalamus, bagian otak yang mengatur suhu tubuh, sehingga menyebabkan demam dan sakit kepala.

Jenis sitokin lain yang disebut faktor nekrosis tumor alfa juga membantu untuk melawan virus di paru-paru. Hanya saja, selain melawan virus, sitokin ini juga dapat menyebabkan demam, kehilangan nafsu makan, pusing, dan terasa lemas.

Telah diketahui bahwa nyeri dan pelemahan otot adalah gejalan infeksi influenza yang paling menonjol, dan hal ini pula yang seakan membuat tubuh kurang fit. Influenza juga mengurangi kekuatan di kaki dan saat berjalan.

Efek ini mungkin tidak begitu terasa pada orang yag masih muda, namun pada orang yang sudah tua dan mengalami masalah keseimbangan dan berjalan, maka pengaruh influenza akan sangat terasa.

Penelitian yang dilakukan oleh Haynes pada hewan menemukan influenza menyebabkan meningkatnya aktivitas gen yang menyebabkan pelemahan otot dan mengurangi aktivitas gen yang memperkuat otot rangka di kaki.

Peneliti di lab Haynes juga menduga bahwa pelemahan pada otot adalah dampak dari respons imun kepada virus. Karena itu, mereka mencoba untuk mencari cara agar hal ini dapat dicegah.

Bagaimana cara atasi flu?

1.Banyak minum air putih

Air putih memang mempunyai segudang manfaat. Diantaranya juga dapat membantu mengobati penyakit flu atau pilek.
Usahakan minum air puith minimal 8 gelas / harinya. Hal tersebut bertujuan untuk menjaga agar tenggorokan bersih dari kuman yang bisa menyebabkan flu.

2. Mengkonsumsi minuman hangat

Selain memperbanyak minum air putih anda juga dapat mengkonsumsi minuman yang hangat-hangat misalnya, air puith hangat, air teh hangat, atau air jeruk hangat.

Mengapa harus hangat? Karena cairan hangat dapat membantu mengurangi hidung mampet, mencegah dehidrasi, dan melegakan tenggorokan yang terganggu. Selain itu, uap dari minuman panas juga dapat membantu mengencerkan lendir. So, jika anda flu segeralah minum yang hangat-hangat!

3. Beristirahat

Kondisi tubuh yang lelah akan menyebabkan kekebalan tubuh melemah dan flu akan  mudah menyerang saat sistem kekebalan tubuh melemah.

So, sangat disarankan untuk melakukan istirahat total dan berhenti bekerja untuk sementara waktu, agar sistem kekebalan tubuh kembali normal.

4. Perbanyak konsumsi buah dan sayuran

Saat flu, kondisi tubuh melemah, otomatis sistem kekebalan tubuh juga melemah. Kandungan vitamin dan gizi yang banyak terdapat pada buah dan sayur akan mengembalikan daya tahan tubuh menjadi normal. So, perbanyak makan sayur dan buah ya moms saat flu.

5. Terapi uap tradisional

Penguapan merupakan salah satu cara tradisional yang dipercaya ampuh untuk mengatasi flu. Caranya masukan air panas ke dalam baskom,

Gunakan handuk menutupi kepala, lalu tempatkan wajah anda di atas baskom tersebut. Agar hasilnya lebih optimal, anda bisa mencampurkan minyak kayu putih, kunyit, jahe atau rempah-rempah lainnya ke dalam air hangat.

6. Berkumur

Berkumur bisa menjadi salah satu solusi saat flu menyerang. Mengapa harus berkumur? Tujuannya untuk membantu membersihkan mulut agar bakteri jahat penyebab flu tidak masuk ke tenggorokan.

Cobalah berkumur dengan air hangat yang dicampur dengan garam. Atau kalau mau lebih praktis, berkumurlah dengan cairan khusus untuk berkumur yang banyak beredar di pasaran.

7. Menghirup aroma minyak kayu putih

Menghirup aroma yang menyegarkan dan melegakan pernapasan dapat meringankan flu. Oleskan minyak kayu putih di lubang hidung dan hirup aromanya dalam-dalam. Oleskan juga pada dada dan leher. Efek hangat yang ditimbulkannya dapat mengurangi perasaan tak nyaman karena flu.

8. Mandi dengan air hangat

Saat anda mengalami flu, usahakan jangan mandi menggunakan air dingin. Tapi selalu gunakan air hangat. Tujuannya yaitu untuk menjaga agar tubuh tetap hangat. Hindari minuman atau makanan yang mengandung es.

9. Konsumsi rempah-rempah yang hangat

Mengkonsumsi rempah-rempah yang hangat juga mengatasi flu yang Anda derita. Rempah-rempah tersebut si antaranya kencur, jahe, kemangi, dan sereh.

Caranya salah satu atau semua rempah-rempah tersebut direbus dengan air secukupnya,  tambahkan gula aren atau madu, lalu minum air rebusannya.

10. Minum madu dan air hangat

Berbagai khasiat madu sudah tak diragukan lagi. Selain rasanya yang manis dan enak, madu bermanfaat untuk mengatasi berbagai penyakit,  termasuk flu atau pilek. So, saat flu jangan lupa minum madu tiga kali sehari ya moms, tapi barengi dengan air hangat agar khasiatnya lebih terasa.

So, jika momies atau anak-anak dilanda flu ga perlu buru-buru ke dokter ya moms. Tak perlu terlalu cepat juga memberikan obat-obatan. Atasi dengan cara alami tadi. Ke dokter adalah alternatif terakhir jika flu tak kunjung sembuh ketika sudah dilakukan berbagai upaya atau dibarengi penyakit lain. Untuk mencegah terjadinya flu, jagalah selalu kebersihan dengan mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, mengkonsumsi makanan bergizi, dan cukup asupan cairan. 

Sumber : Kumparan.com , Astaga.com

Re-RED : Nicko Desire

Publisher : Ariyandy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *